Cara mengurus izin lapangan padel tenis – Salah satu syarat agar investasi lapangan padel berjalan aman adalah memiliki legalitas yang lengkap. Mengurus izin lapangan padel tenis merupakan hal wajib yang dilakukan oleh pengusaha.
Proses pengurusan izin lapangan padel mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan sebab tidak semua izin dapat dikeluarkan dengan cepat. Namun pembangunan lapangan padel dapat dilakukan sembari mengurus izin-izinnya selesai.
Dengan memiliki legalitas perizinan yang lengkap, operasional lapangan padel akan dijamin aman tanpa gangguan sedikit pun. Artikel ini akan mengulas bagaimana cara mengurus izin lapangan padel tenis bagi investor. Penjelasan lebih lengkap silahkan baca artikel di bawah ini sampai habis !
BACA JUGA : Syarat Pembuatan Lapangan Padel Tenis Tahun 2025
Pentingnya Memiliki Legalitas Izin Lapangan Padel
Mengetahui pentingnya memiliki legalitas izin lapangan padel bagi investor adalah hal yang sangat krusial. Berikut adalah keuntungan bagi investor jika memiliki legalitas izin yang lengkap :
- Membangun kredibilitas bisnis yang sehat. Memiliki izin legalitas yang lengkap artinya membangun kredbilitas bisnis yang kuat. Lebih mudah dalam mencari kerjasama dengan pihak ketiga.
- Melindungi investasi dari resiko hukum. Membangun dan mengoperasikan lapangan padel tanpa adanya izin adalah bom waktu untuk masa depan. Ketika ditanya pemerintah tentang perizinan legalitas dan tidak bisa menunjukkan. Bisnis bisa disegel, dihentikan secara langsung bahkan bisa ditutup secara paksa, asuransi tidak bisa diklaim.
- Mudah dalam pembiayaan dan kemitraan bank. Jika ingin mengajukan pinjaman uang ke bank, akan sangat sulit kalau tidak memiliki legalitas yang lengkap. Jika ingin kerjasama atau sponsorship dengan pihak luar akan lebih mudah jika memiliki legalitas yang lengkap.
Selain keuntungan di atas masih banyak lagi yang didapatkan jika memiliki legalitas izin lapangan padel tenis yang lengkap.
BACA JUGA : Biaya Bangun Lapangan Padel Tenis Tahun 2025
Badan Hukum Bisnis : Cara Mengurus Izin Lapangan Padel Tenis
Cara mengurus izin lapangan padel tenis yang pertama adalah menentukan badan hukum perusahaan terlebih dahulu. Badan hukum yang bisa dipilih biasanya ada dua yaitu CV (Perseroan Komanditer) atau PT (Perseroan Terbatas). Berikut adalah penjelasan masing-masing badan usaha tersebut :
- PT (Perseroan Terbatas). Merupakan badan hukum yang paling sering digunakan termasuk usaha lapangan padel. Kelebihannya adalah status hukumnya kuat, memisahkan aset pribadi dan aset perusahaan, lebih mudah menarik investor dan kemitraan.
- CV (Perseroan Komanditer). Merupakan badan hukum yang proses pendiriannya lebih mudah dibandingkan dengan PT (Perseroan Terbatas). Namun kekurangan badan hukum ini adalah tidak ada pemisah antara aset perusahaan dan aset pribadi.
Jadi, tahapan pertama cara mengurus izin lapangan padel adalah menentukan badan usahanya terlebih dahulu. Sangat direkomendasikan untuk mendirikan badan hukum usaha lapangan padel tenis berbentuk PT (Perseroan Terbatas).
BACA JUGA : Tahapan Bangun Lapangan Padel Dari Nol Hingga Finishing
Panduan Cara Mengurus Izin Lapangan Padel Tenis
Mengurus perizinan usaha saat ini lebih mudah lewat Online Single Submission (OSS RBA). Berikut adalah panduan cara mengurus izin lapangan padel :
Mendaftarkan NIB (Nilai Induk Berusaha) di OSS RBA
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan NIB (Nilai Induk Berusaha) di OSS RBA. NIB adalah nomor identitas bagi pengusaha yang mencakup NPWP, social security dan lainnya.
Saat mendaftarkan NIB di OSS RBA, pengusaha wajib mengisi profil usaha, memilih kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) dan menyatakan persetujuan standar usaha.
Ini merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai usaha, namun harus komitmen terhadap standar usaha yang telah disepakati.
Memilih Klasifikasi KBLI : 93118
Jangan sampai salah memilih klasifikasi KBLI untuk lapangan padel. Kode yang tepat untuk memilih klasifikasi lapangan padel adalah 93118 – kegiatan olahraga lainnya.
Kode 93118 – kegiatan olahraga lainnya mencakup penyelenggaraan kegiatan olahraga di lapangan yang telah disediakan seperti lapangan golf, bowling, tenis termasuk padel.
Jadi jangan sampai salah memasukkan kode KBLI, sebab jika salah akan berakibat fatal di kemudian hari.
Mengurus Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)
Perizinan ini dilakukan jika Anda merenovasi gedung, membangun gedung baru atau memodifikasi gedung untuk dijadikan lapangan padel.
Dalam izin ini harus dipastikan pula semua persyaratan teknis, keselamatan dan kesehatan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat.
Mengurus Ijin Gangguan (HO / Hinderordonantie)
Membangun lapangan padel artinya mengundang banyak orang untuk berolahraga. Mereka datang menggunakan mobil, sepeda motor bersama rekan-rekan. Jam operasional hingga malam tentu akan mengganggu warga sekitar lapangan. Oleh karena itu wajib mengurus Ijin Gangguan (HO / Hinderordonantie).
Ijin gangguan biasanya terbatas pada radius tertentu dari lapangan padel. Oleh karena itu di dalam mengurus Ijin Gangguan juga harus menyatakan kesiapan mengelola dampak yang ditimbulkan.
Perizinan Sertifikasi Laik Fungsi (SLK)
Setelah proses pembangunan lapangan padel selesai, tidak boleh langsung digunakan. Sebab harus diuji terlebih dahulu tentang kelayakan bangunan oleh instansi yang berwenang.
Jika dinyatakan lulus, lapangan akan menerima sertifikat laik fungsi yang mengindikasikan bahwa lapangan telah dibangun berdasarkan PBG dan aman untuk digunakan.
Terkadang memang ada kontraktor yang membangun lapangan padel tidak sesuai standar. Hal ini merugikan investor dan pecinta olahraga padel.
Jika ingin membangun lapangan padel sesuai standar internasional yang dilakukan oleh kontraktor lapangan olahraga profesional. Silahkan hubungi tim Wirasport.id di sini.
Izin Lingkungan (AMDAL )
Agar tidak membuang sampah sembarangan maupun limbah, maka setiap perusahaan harus memiliki izin AMDAL. Di dalam AMDAL akan dijelaskan bagaiama perusahaan mengelola limbah, kebisingan, dan dampak lingkungan lainnya.
Perizinan Tanda Daftar Penyedia Tempat Khusus (TPDTK)
Izin ini dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata atau Dinas Perindustrian dan Perdaganan Setempat. Izin ini sangat penting bahkan krusial di mata petugas dilapangan. Memiliki izin ini artinya ingin menunjukkan bahwa tempat ini sudah secara legal beroperasi sebagai penyedia fasilitas olahraga dan rekreasi.
Jadi, membangun lapangan padel tidaklah mudah yang dibayangkan. Selain memperhitungkan anggaran terhadap pembelian kualitas material. Juga harus mempertimbangkan perizinan apa saja yang harus dipersiapkan agar tidak terjadi masalah hukum di kemudian hari.
BACA JUGA : RAB Lapangan Padel Tenis
Tantangan Cara Mengurus Izin Lapangan Padel Tenis
Tidak selamanya mengurus perizinan lapangan padel itu mudah. Berikut adalah tantangan yang sering ditemukan :
- Prosesnya lama. Banyak birokrasi yang harus dihadapi, banyak persyaratan yang harus menunggu verifikasi dan lain sebagainnya. Yang membuat proses perizinan berjalan sangat lambat. Bahkan bisa selesai berbulan-bulan.
- Biaya tak terduga. Meskipun terkadanga terdapat slogan gratis, nyatanya ketika terjuna ke lapangan harus keluar uang juga. Belum juga termasuk biaya untuk pergi ke kantor dinas satu ke dinas lainnya.
- Perbedaan persyaratan di tiap daerah kadang berbeda. Mengurus izin AMDAL di jawa timur mungkin berbeda dengan di Sumatera. Jadi, selalu dapatkan informasi terbaru melalui instansi DPMPTSP setempat.
Siap Membangun Lapangan Padel?
Membangun lapangan padel tenis memerlukan anggaran yang besar, tapi sekarang saat yang tepat untuk investasi. Sebab peminat terus bertambah, pesaing sedikit. Pilih kontraktor lapangan olahraga yang berpengalaman dan terpercaya untuk mengerjakan lapangan.
a. Wirasport.id : Kontraktor Lapangan Padel Profesional
Wirasport.id membantu klien untuk membangun lapangan padel tenis sesuai standar internasional. Tidak hanya membangun, Wirasport.id juga melakukan proses secara menyeluruh mulai dari desain, penyusunan RAB lapangan padel, pengadaan material, hingga finishing.
Melayani wilayah di seluruh Indonesia dan telah berpengalaman membangun lapangan padel di berbagai kota dan provinsi di seluruh Indonesia. Dengan tim yang profesional dan ahli dibidangnya, Wirasport.id memastikan pembangunan dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai standar internasional.
b. Hubungi Tim Kami untuk RAB Lapangan Padel Akurat
Layanan konsultasi GRATIS Wirasport.id dapat dihubungi melalui nomor berikut ini +6285137106528 atau datang langsung ke kantor Wirasport.id di sini.
BACA JUGA : 10 Raket Padel Terbaik Tahun 2025
Pertanyaan Cara Mengurus Izin Lapangan Padel
Apakah memerlukan izin perencanaan lapangan padel tenis ?
Ya, izin perencanaan lapangan padel diperlukan untuk persetujuan perencanaan formal yang dikeluarkan oleh otoritas lokal.
Berapa biaya bangun sebuah lapangan padel ?
Membangun sebuah lapangan padel sesuai standar internasional berkiasar antara Rp 400 jt – 1,5 Milliar Rupiah.
***
Selesai sudah pembahasan tentang cara mengurus izin lapangan padel tenis, semoga bermanfaat !
Wirasport.id merupakan kontraktor lapangan olahraga yang melayani jasa pembuatan lapangan padel sesuai standar internasional di seluruh Indonesia.
Jika ingin konsultasi terkati RAB, Perencanaan atau Pengawasan proyek silahkan hubungi tim Wirasport.id di sini.
Penulis : Hamzah
Editor : Hamzah